MAHASISWA AKPER JG PIDATO SAAT WISUDA JPT DIKNAKES

Pada saat wisuda mahasiswa jenjang pendidikan tinggi pendidikan tenaga kesehatan (JPT DIKNAKES) bulan Oktober 2008 di gedung AAC Dayan Dawood Unsyiah, wisudawan dari Akper Jabal Ghafur Sigli dipercayakan untuk menyampaikan pesan dan kesan yang mewakili wisudawan/wati.  Tahun-tahun  sebelumnya  tidak ada  item  acara tersebut, biasanya penyampaian kesan dan pesan disampaikan oleh perwakilan wali mahasiswa yang wisuda. Acara wisuda atau rapat senat terbuka tersebut diikuti oleh
AKPER JABAL GHAFUR SIGLI,AKL JABAL GHAFUR SIGLI,AKPER PEMKAB PIDIE, AKPER PEMKAB ACEH SELATAN, AKPER PEMKAB ACEH TENGGARA, AKPER MUHAMMADIYAH LHOKSEUMAWE, AKPER PEMKOT SABANG,AKBID MUHAMMADIYAH BANDA ACEH, AKBID PEMKAB ACEH TENGAH,dan AKBID YAPPEDA LHOKSEUMAWE.

Berikut kutipan isi pidato mahasiswa Akper Jabal Ghafur Sigli yang disampaikan oleh Ikhwani :

ASSALAMUALAIKUM WR.WB

Hamdan syukralilah salatan wasalaman ala rasulillah wa ala alihi washbihi ajman’in.Asyhaduallah illaha illallah wa asyhaduanna muhammadan ‘abuduhu warasuluh, razi tubillahi rabba wabil islamadina wa nabi muhammadin nabiyyu warasula,.Rabbi syrahli sadri wasirli amri wahlul ‘uqdatam min lisani yafqahul qauli.

Pertama-tama dan yang paling utama marilah sama-sama kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, yang mana Allah SWT masih memberikan kesempatan,kesehatan dan berbagai macam nikmat lainnya sehingga kita telah dapat berkumpul dalam rangka rapat senat terbuka atau acara wisuda institusi kesehatan/JPT Diknakes se NAD di gedung AAC Dayan Dawood Unsyiah Darussalam.

Salawat beriring salam sama-sama kita hidangkan ke pangkuan Nabi Besar Muhammad SAW, pemimpin besar revolusi dan reformasi Islam Sedunia, yang telah mampu merubah akhlak manusia dari perilaku jahiliyah menjadi perilaku islamiyah, dari lembah kebodohan kepada bukit kemuliaan yang penuh dengan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti yang kita rasakan saat ini.

Penghormatan saya kepada Bapak Gubernur Prov. NAD,Bapak Wakil Gubernur Prov.NAD,Kepala Dinas Prov.NAD,Para Direktur Rumah Sakit NAD,para kepala UPTD NAD, Kabid Nakes Dinkes Prov.NAD beserta staf, penghormatan saya kepada Direktur,Dosen beserta staf seluruh institusi kesehatan yang mengikuti acara wisuda hari ini, yaitu AKPER JABAL GHAFUR SIGLI,AKL JABAL GHAFUR SIGLI,AKPER PEMKAB PIDIE, AKPER PEMKAB ACEH SELATAN, AKPER PEMKAB ACEH TENGGARA, AKPER MUHAMMADIYAH LHOKSEUMAWE, AKPER PEMKOT SABANG,AKBID MUHAMMADIYAH BANDA ACEH, AKBID PEMKAB ACEH TENGAH,DAN AKBID YAPPEDA LHOKSEUMAWE , para guru besar dari masing-masing institusi kesehatan, panitia pelaksana wisuda, ibunda dan ayahanda kami, sanak saudara kami dan para undangan yang telah hadir di tempat ini. Dan yang saya cintai rekan-rekan wisudawan dan wisudawati dari semua institusi kesehatan yang mengikuti wisuda hari ini.

Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih yang sebesarnya atas kepercayaan yang diberikan kepada saya untuk mewakili rekan-rekan wisudawan/ti untuk menyampaikan sepatah dua patah kata yang berupa pesan dan kesan pada acara wisuda ini.

Acara wisuda hari ini merupakan satu momen bersejarah dalam kehidupan kami, yang sangat kami harapkan.Syukur Alhamdulillah, setelah lebih kurang 3 tahun kami menimba ilmu di bangku kuliah dengan melewati berbagai macam tantangan dan rintangan,dengan berjuta kesan-kesan manis dan pahit, maka pada hari ini kami telah mendapatkan hasilnya, menjadi seorang perawat/bidan profesional pemula yang diakui secara legal.

Hasil yang kami peroleh pada hari ini, yang telah mengantarkan kami menjadi wisudawan/ti, tidak terlepas dari bantuan, dorongan dan dukungan dari semua pihak.Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini izinkan kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada :

Yang mulia ayahanda dan ibu tercinta yang telah mengorbankan jiwa raga, berpeluh keringat , berteteskan air mata dengan niat tulus yang senantiasa mendukung dan selalu mengiringi kami dengan doa. Ibunda……, Ayahanda…..Jasamu begitu besar, tak sanggup kami, anak-anakmu membalasnya.

Kepada Dosen Kami…., dengan ilmu yang telah engkau berikan kepada kami, sehingga kami telah memiliki bekal yang sangat berguna dalam kehidupan kami kelak, dapat berbakti pada sesama insani.Wahai Ibu Bapak Dosen Kami……..Kami menyadari bahwa selama kami menuntut ilmu banyak sekali tingkah polah kami yang tidak berkenan di hati ibu bapak dosen kami,yang membuat ibu bapak kesal,marah,jengkel dan geram,oleh karena itu pada kesempatan ini kami mohon kerendahan hati ibu bapak untuk memaafkan kami.Kami yakin bahwa ibu bapak marah bukan karena benci, melainkan ingin mendidik kami, menjadikan kami orang-orang yang beretika dan berilmu.

Terimakasih kami juga Kepada Direktur/Kepala Institusi/instansi/badan pelayanan kesehatan, tempat/lahan praktek kami saat kuliah sebagai tempat mengasah ketrampilan kami, kepada Dinas kesehatan Provinsi,Kab/kota yang telah menfasilitasi administrasi dan mendukung kegiatan perkuliahan kami. Ya, Allah berilah SurgaMu kepada mereka, yang telah berjasa menjadikan kami menjadi orang-orang yang berguna…………Amin.

Rekan-rekanku sekalian, para wisudawan/ti JPT Diknakes, Dengan penyumpahan dan pelantikan atau wisuda kita hari berarti sejak hari kita telah menanggalkan atribut kita sebagai mahasiswa/i, namun sejak hari ini pula kita tercatat sebagai alumni institusi kita masing-masing. Misalnya seperti saya, saya kuliah di akper jabal ghafur sigli berarti saya adalah alumni akper jabal ghafur sigli. Kita tidak boleh melupakan almamater kita, institusi kita, yang telah membentuk kita menjadi perawat/bidan profesional pemula.Dimana pun kita berada/bekerja, hati kita harus terikat dengan almamater kita, kita harus dapat memberikan kontribusi dalam bentuk apapun kpd institusi kita. Dipundak kita telah terbeban tanggung jawab menjaga nama baik almamater kita, citra almamater kita sangat tergantung kepada kiprah kita sebagai alumni.

Selanjutnya tantangan lainnya yang harus kita sikapi dan kita hadapi adalah era kesejagatan/globalisasi.Kita sebagai perawat/bidan harus selalu senantiasa mengembangkan diri, jangan hanya cukup dengan ilmu yang sudah kita dapatkan selama di bangku kuliah, atau hanya puas dengan titel AMK saja, jadikanlah ini sebagai batu pijakan kita untuk bergerak maju ke langkah berikutnya yang lebih jauh, melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Apalagi dewasa ini pemerintah Aceh yang dikomandoi Bpk.Irwandi Yusuf dan Bpk.Muhammad Nazar telah memberikan peluang seluas-luasnya kepada aneuk-aneuk nanggroe berprestasi untuk mendapatkan beasiswa melanjutkan pendidikan baik ke luar aceh maupun ke luar negeri. Jangan diam, rebut setiap kesempatan emas tersebut. Kita tidak boleh berpangku tangan, sebentar lagi akan banyak perawat/bidan dari luar negeri berdatangan bekerja ke negeri kita,persaingan akan begitu sengit, jangan sampai kita hanya menjadi penonton yang budiman, namun kita harus bisa menjadi aktor dalam dunia kerja profesi kesehatan di negeri sendiri. Jangan seperti pepatah aceh menuturkan “Buya Krueng Teu Dong Dong, Buya Tameung Meuraseuki” .

Satu hal yang juga perlu kita sadari atau pahami,adalah buang jauh-jauh pikiran kita untuk menjadi pegawai negeri.Kalau menjadi pegawai negeri adalah motivasi kita kuliah berarti kita telah salah konsep/diskonsepsi.Yang perlu kita pikirkan adalah bagaimana kita dapat menciptakan peluang atau lapangan kerja sendiri, apalagi sekarang perawat/bidan sudah boleh melakukan praktik keperawatan/kebidanan sesuai dengan peraturan perudang-undangan yang berlaku.Harapan kita semua dengan wisuda kita hari ini tidak menambah lagi daftar panjang pengangguran intelektual di negeri ini.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan, Akhirnya kepada ALLAH jualah kita berserah diri seraya selalu berdoa dan beikhtiar semoga kita semua mendapat ridha-NYA.Billahitaufik wal hidayah,Fastabikul khairat, wassalamualaikum wr.wb.

3 responses to “MAHASISWA AKPER JG PIDATO SAAT WISUDA JPT DIKNAKES

  1. keren ,… kapan ya aku wisudanya ha ha ha ha

  2. Pidato ini banyak diambil oleh mahasiswa lain utk pidato wisuda JPT DAS prov.Aceh, 95% isi pidatonya diambil dari sini

  3. trimakasih yg tak terhingga, tuk yang sudah mengexpose kutipan pidato saya diatas, setidaknya para alumni akper JG, bs mengenang & bangga apa yang pernah kita dpatkan sebelumnya, kepada adik-adikku belajarlah yg fokus gapailah cita-cita kalian, buktikan sama ayah bunda mereka bangga miliki anak-anak yang sukses….!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s